Kopi Kombur Sidikalang
D
I
S
U
S
U
N
Oleh :
Ø Lungguk AS Situmorang ( 13 2100 11 )
Ø Yanti Tampubolon ( 13 2100 33 )
Ø Sahat M Rumahorbo ( 13 2100 05 )
Ø Darma Tambunan ( 13 2100 48 )
Ø M.Hari Saputra ( 13 2100 26 )
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
INSTITUT TEKNOLOGI MEDAN
TAHUN 2016
Kata Pengantar
Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Kuasa karena atas berkah dan rahmat-Nya Saya bisa menyusun proposal ini dengan sebaik-baiknya
Dalam penyusun proposal ini Saya tentu menjumpai beberapa hambatan, namun berkat dukungan dari berbagai pihak akhirnya Saya dapat menyelesaikan proposal ini dengan sebaik-baiknya, oleh karena itu melalui kesempatan ini Saya sebagai penyusun mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada berbagai pihak terkait yang telah membantu Saya menyelesaikan proposal ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya dari manusia yaitu Saya sendiri sedangkan segala sesuatu yang benar datangnya hanya dari Tuhan yang Maha Kuasa, untuk itu Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam penyusunan proposal ini masih terdapat berbagai kesalahan baik itu dalam penulisan atau tata bahasa, dan kritik beserta saran yang membangun sangat Saya harapkan guna untuk memperbaiki kesalah-kesalahan pada tahap selanjutnya.
Semoga proposal ini bermanfaat khususnya bagi Saya sebagai penyusun umumnya untuk semua pihak pembaca.
Medan, 24 Juni 2016
Penyusun
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan : Kopi Kombur Sidikalang
Alamat perusahaan : Jl. meranti no.18 Medan
No telp : 082304063142
1.2. Nama dan Alamat pemilik
Nama pemilik : Lungguk AS Situmorang
Alamat pemilik : Jl.meranti no 18 medan
No telp : 082304063142
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
2.1. Latar Belakang
Dairi adalah salah satu kabupaten di sumatera utara dengan luas wilayah 230.000 hektare dan jumlah penduduk 270.000 jiwa. Dairi terkenal sebagai penghasil kopi di dunia dengan nama generik kopi Sidikalang. Dairi jugamemiliki kekayaan sumbar daya alam seperti tambang zeng dan timah hitam yang merupakan tambang terbesar di dunia dengan jumlah deposit 20 juta ton.
Selain subur dan memiliki potensi tambang, Dairi juga memiliki panorama alam yang sangat indah seperti pantai silalahi yang berada di kawasan Danau Toba bagian barat.
.Dan fasilitas wisata iman di perbukitan Sitinjo 10 km sebelum kota Sidikalang.
Selain subur dan memiliki potensi tambang, Dairi juga memiliki panorama alam yang sangat indah seperti pantai silalahi yang berada di kawasan Danau Toba bagian barat.
.Dan fasilitas wisata iman di perbukitan Sitinjo 10 km sebelum kota Sidikalang.
Sidikalang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.
Sidikalang adalah ibukota Kabupaten Dairi yang terletak di daerah pegunungan. Udara yang sejuk ditambah jumlah penduduk yang masih seimbang dengan luas wilayah menjadikan Sidikalang kota yang enak dijadikan tempat tinggal.
Sidikalang adalah ibukota Kabupaten Dairi yang terletak di daerah pegunungan. Udara yang sejuk ditambah jumlah penduduk yang masih seimbang dengan luas wilayah menjadikan Sidikalang kota yang enak dijadikan tempat tinggal.
Para Mahasiswa sangat identik dengan yang namanya suntuk, galau, resah, dan gelisah, baik karena tugas, organisasi, dosen, dan pihak-pihak lain yang bersangkutan. Kami membuka Kopi Kombur Sidikalang diperuntukan bagi kaula muda dan para Mahasiswa untuk refreshing dari penatnya berbagai aktivitas yang telah di jalani dengan nuansa santai dengan di temani secangkir kopi merupakan moment yang pas untuk nongkrong dan berbagi cerita bersama teman, pasangan, dan lain-lain.
Usaha ini berdiri karena kegemaran kami kepada kopi dan kepada buku yang kami anggap sebagai teman setia dalam situasi apapun. Kopi Kombur Sidikalang akan di dirikan di medan dengan konsep “nongkrong hemat bermanfaat”. Dengan harga yang bersahabat Kopi Kombur Sidikalang memberikan berbagai fasilitas khususnya buku bacaan untuk menemani pengunjung yang gemar membaca baik fiksi maupun non-fiksi. Kami memilih buku sebagai fasilitas utama dalam perusahaan ini karena mengingat minat baca para anak muda jaman sekarang ini menurun, dan Kami berharap dengan adanya Kopi Kombur Sidikalang bisa meningkatkan minat baca Mereka. Selain berbagai macam buku Kami juga memiliki fasilitas tambahan seperti alat musik bagi pengunjung yang suka akan musik, dan wifi bagi pengunjung yang hanya sekedar ingin nongkrong sambil browsing berbagai hal dari tugas kuliah sampai hal yang paling tidak penting sekalipun.
2.2. Visi, Misi, dan Strategi Perusahaan
2.2.1 Visi perusahaan
Menjadi kedai kopi yang mampu berkompetisi dan mempunyai daya saing yang tinggi.
2.2.2 Misi perusahaan
a. Memberikan layanan yang berorientasi pada kepuasan konsumen
b. Menyajikan makanan dan minuman yang berkualitas dengan harga terjangkau
2.2.3 Strategi perusahaan
Memberikan pelayanan dan fasilitas yang membuat pengunjung merasa nyaman, dan menjadikan diferensiasi sebagai strategi utama perusahaan.
2.3. Lokasi
Jl. meranti dipilih sebagai lokasi perusahaan Kami karena lokasi itu merupakan tempat yang stretegis dan berada di pusat Kota medan sehingga akan mudah bagi Kami untuk menarik para konsumen untuk singgah di kedai kopi Kami.
2.4. Bangunan / Tempat yang di butuhkan
Bangunan / tempat yang kami butuhkan untuk mendirikan bisnis ini adalah sekitar 500 m², dengan tempat makan in-door dan out-door, panggung musik, tempat buku, parkiran, kamar mandi, mushola, dan dapur.
2.5. Waktu Operasional
Kopi Kombur Sidikalang dibuka mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan 02.00 WIB.
2.6. Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan yaitu”Comfortable and High Quality Service” sehingga pelanggan merasa nyaman ketika berada dalam pelayanan Kami, dan membuat pelanggan selalu ingin kembali ke kedai kopi Kami karena pelayanan berkualitas yang dapat memuaskan semua pelanggan.
2.7. Konsep Promosi
Konsep promosi yang akan Kami lakukan yaitu dengan cara membuat iklan media cetak seperti pamflet, baner, brosur, dan membuat katalog yang berisi produk-produk yang kami pasarkan serta mempromosikan bisnis ini di Social-media agar masyarakat bisa lebih mudah mengetahuinya. Selain itu Kami juga mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan atau dengan cara dari mulut ke mulut.
2.8. Target Pelanggan
Target pelanggan kedai kopi Kami adalah para Kaula Muda dan Mahasiswa karena pada masa-masa itu merupakan masa dengan tingkat kebutuhan refreshing yang lebih tinggi di bandingkan dengan Orang Tua atau Anak-anak.
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
3.1. Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan khususnya makanan dan minuman dengan lokasi yang strategis dan nuansa yang terkesan lebih santai membuat Kami yakin usaha ini akan mengalami kemajuan yang signifikan seiring dengan kebutuhan para Kaula Muda dan Mahasiswa akan tempat hang-out.
3.2. SWOT
3.2.1 Strenghts (kekuatan)
Ø Harga terjangkau
Ø Kualitas baik dan terjamin
Ø Tersedia berbagai jenis kopi serta berbagai minuman dan makanan.
Ø Memiliki ciri khas yang tidak di miliki oleh kedai lain
Ø Fasilitas lengkap
Ø Tempat yang bersih dan nyaman
Ø Pelayanan yang memuaskan
Ø Lokasi strategis
3.2.2 Weakness (kelemahan)
Ø Keberadaan bahan baku yang baik dan berkualitas sangat minim
3.2.3 Oportunities (peluang)
Ø Terdapat banyak masyarakat khususnya anak muda yang konsumtif terhadap kopi
Ø Permintaan pasar yang selalu meningkat
3.2.4 Threats (ancaman)
Ø Muncul pruduk baru yang lebih unggul
Ø Kenaikan harga bahan baku karena terbatas
Ø Adanya kompetitor yang lebih di kenal masyarakat
3.3. Sumber Bahan Baku
Untuk sumber bahan baku atau suplier biji kopi, Kami akan mengambil suplier bahan baku yang terjamin dan sudah terbukti kualitasnya, sehingga kami bisa menyajikan produk yang berkualitas dan tidak mengecewakan pelanggan karena sesuai dengan Misi perusahaan kedai kopi kami bahwa kepuasan pelanggan adalah nomor satu.
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.1. Produk yang di hasilkan
Adapun kualitas produk yang Kami hasilkan yaitu :
Ø Berkualitas dan dapat memuaskan pelanggan
Ø Berbagai macam kopi dan minuman lain (aneka juice, coklat panas, lemon tea, dll) serta makanan yang memiliki cita rasa tinggi
4.2. Ruang lingkup usaha
Ruang lingkup usaha kedai kopi ini akan Kami rancang sebaik-baiknya karena semua itu dapat memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap maju mundurnya perusahaan Kami.
Perusahaan Kopi Kombur Sidikalang terletak di Jl. meranti No 18 – Medan. Menurut Kami, jika dilihat dari lokasi berdirinya perusahaan, kedai ini sudah memenuhi persyratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi perusahaan ini merupakan lokasi yang sangat strategis dan akses transportasi ke lokasi perusahaan juga suangat lancar sehingga memudahkan pelanggan untuk mengunjungi kedai kopi Kami.
4.3. Personalia, Perlengkapan dan Peralatan
4.3.1 Personalia
Penanggung Jawab : Yanti Tampubolon
Pemilik : Lungguk AS Situmorang
Sekretaris : Sahat M Rumahorbo
Keuangan :
4.3.2 Perlengkapan
Ø Blender
Ø Gelas, piring, sendok, garpu dan pisau
Ø Mesin kasir
4.3.3 Peralatan
Ø Coffee making machine
Ø Ice crush machine
Ø Ice making machine
Ø Meja kasir
Ø Meja dan kursi pengunjung
BAB V
RENCANA PEMASARAN
5.1. Penetapan harga
Harga yang akan kami tetapkan di Kopi Kombur Sidikalang adalah harga yang dapat di jangkau semua kalangan masyarakat. Setelah kami pertimbangkan dengan sangat matang kami akan menetapkan harga awal dari produk kami seperti yang ada pada tabel di bawah ini :
No
|
Jenis Produk
|
Harga Produk
|
1
|
Espresso
|
Rp. 9000
|
2
|
Espresso Macchiato
|
Rp. 9.000
|
3
|
Espresso Conpanna
|
Rp. 9.500
|
4
|
Americano
|
Rp. 11.000
|
5
|
Cappuccino
|
Rp. 10.000
|
6
|
Cafe Latte
|
Rp. 15.000
|
7
|
Flat White
|
Rp. 12.000
|
8
|
Cafe Breve
|
Rp. 14.000
|
9
|
Cafe Mocha
|
Rp. 15.000
|
10
|
White Coffee
|
Rp . 8.000
|
11
|
Mocaccino
|
Rp. 12.000
|
12
|
Chochoccino
|
Rp. 12.000
|
13
|
Dry Cappuccino
|
Rp. 13.000
|
14
|
Cafe au lait
|
Rp. 16.000
|
15
|
Nescafe
|
Rp. 12.000
|
17
|
kopi Tubruk
|
Rp. 10.000
|
18
|
Java Gold
|
Rp. 8.000
|
19
|
Kopi Joss
|
Rp. 5.000
|
20
|
Kopi Luwak
|
Rp. 50.000
|
5.2. Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang akan di lakukan oleh perusahaan kami yaitu menarik pelanggan sebanyak mungkin dan mendekati mereka dengan menggunakan strategi “costumer value added” agar penjualan dan laba perusahaan kami dapat meningkat seperti yang di harapkan dan para pelanggan Kopi Kombur Sidikalang merasa puas berada dalam pelayanan kami.
5.3. Strategi promosi
Strategi yang akan kami terapkan di Kopi Kombur Sidikalang yaitu :
Ø Membuat pamflet, banner dan brosur yang berisikan produk-produk yang akan kami jual dan menyebarkannya di tempat-tempat yang banyak di jangkau oleh masyarakat luas.
Ø Memasang iklan di dunia internet khususnya social-media seperti facebook atau twitter yang banyak di ketahui oleh para Kaula muda
Ø Membuat catalog yang berisikan tentang keadaan Enjoy Book Coffee dan berbagai macam produk yang ada, dari mulai menu utama sampai menu yang lainnya.
5.4. Skedul kegiatan
Kegiatan
|
Minggu ke
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
Survey awal
|
ü
| |||
Pembangunan Gedung
| ||||
Penataan tempat
| ||||
Uji coba produk
| ||||
Operasional
|
BAB VI
PERENCANAAN PERMODALAN DAN LABA
7.1. Sumber Modal
Sumber modal awal pendirian Kopi Kombur Sidikalang yaitu dari pemilik dan pinjaman Bank serta dari investor yang ingin menanamkan modalnya di kedai Kami.
7.2. Perencanaan Laporan Keuangan
I. Estimasi Laporan Laba-Rugi
Perkiraan laba / rugi Enjoy Book Coffee untuk tahun pertama, yaitu :
Laporan Laba Rugi
Kopi Kombur Sidikalang (Dalam ribuan rupiah)
Penjualan Rp. 8.239.500
Biaya operasional :
Biaya Gaji Rp. 661.200
Biaya pemasaran Rp. 2.040
Listrik, air, telp Rp. 12.000
Administrasi Rp. 1.000
Pajak Rp. 50.000
Pemeliharaan Rp. 2.000
Asuransi Rp. 11.000
Rp. 739.240
Jumlah Rp. 7.500.260
0 Komentar untuk "Laporan Pembuatan Usaha Kopi Kombur Sidikalang"